Iklan Billboard 970x250

Apa Itu Kertas NCR dan Digunakan untuk Apa?

Apa Itu Kertas NCR dan Digunakan untuk Apa?

Apa itu kertas NCR, bagaimana bentuknya serta kegunaannya. Kertas NCR (No Carbon Required) yaitu kertas khusus yang fungsinya seperti kertas karbon, menduplikasi tulisan di kertas lapisan satu, tembus ke kertas dibawahnya, hingga beberapa rangkap. Kertas NCR umumnya digunakan pada nota, faktur, surat jalan, kwitansi, formulir atau lainnya yang memerlukan duplikat. Kertas NCR menjadi pengganti kertas karbon yang biasa digunakan untuk menduplikasi teks tulisan.

Keunggulan Kertas NCR

Kertas NCR memiliki banyak keunggulan yang membuat banyak orang mulai meninggalkan penggunaan kertas karbon. Keunggulan tersebut diantaranya:

1. Tidak Membuat Noda

Kertas karbon terkadang meninggalkan noda hitam pada tangan yang terjadi pada saat menulis. Sedangkan kertas NCR tidak akan meninggalkan noda pada tangan. 

2. Tidak Akan Hilang

Kertas karbon merupakan kertas lepas-pasang. Artinya, ia hanya akan diselipkan di antara kertas yang dibuat menulis dan kertas di bawahnya. Jika akan berganti kertas, kertas karbon harus dipindahkan. Berat kertas karbon sama seperti kertas lainnya, jadi kertas tersebut rawan jatuh, tertiup angin maupun terselip ke kolong lemari, meja maupun perabotan lain yang sulit dijangkau.

Sementara kertas NCR adalah kertas untuk nota, faktur, ataupun formulir itu sendiri. Biasanya sudah dibukukan, jadi aman dan tidak mudah hilang. 

3. Tidak Perlu Menyesuaikan Posisi Kertas Utama

Tidak perlu menyesuaikan kertas bagian atas agar pas dengan kertas bawahnya, karena dicetak sama persis dengan yang atasnya.

4. Hasil Tulisan Jauh Lebih Detail

Keunggulan lainnya adalah hasil duplikasi yang lebih detail, baik di lapisan ke 2, 3 maupun ke 4. Supaya lebih terbaca, harus sedikit lebih ditekan pada saat menulis.




Ukuran Kertas NCR

Di toko kertas, umumnya menyediakan bentuk gulungan ataupun yang sudah dipotong ukuran F4 (Folio - 215 x 330 mm). Yang biasa digunakan untuk mencetak nota, faktur atau formulir adalah yang berukuran F4, dijual per rim. Kertas NCR bagian utama/atas/top berwarna putih, sedangkan rangkap bawahnya bisa pilih warna kuning, hijau, biru, merah (warna muda). Rangkap bawah biasa disebut middle dan bottom. Misalnya untuk membuat nota rangkap dua, maka diperlukan kertas NCR top dan bottom. Untuk nota rangkap tiga membutuhkan kertas NCR top, middle, dan bottom.

Itulah sekilas info mengenai kertas NCR yang umum digunakan dalam mencetak nota.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post